25 September, 2009

MAKAM WALI PITU

MAKAM – MAKAM YANG DIKERAMATKAN OLEH PENDUDUK / MASYARAKAT SETEMPAT BAIK OLEH UMAT ISLAM DAN OLEH SEBAGIAN UMAT HINDU

  • Keramat Pemecutan ( Dewi Chodijah ) Dan Keramat Ubung ( Pangeran Sosroningrat )
  • Keramat Pantai Seseh ( Pangeran Mas Sepuh )
  • Keramat Di Bukit Bedugul ( Chabib Umar Bin Yusuf Al Maghribi)
  • Keramat Kusamba Kab. Klungkung (Chabib Ali Bin Abu Bakar Bin Umar Bin Abu Bakar Al Hamid)
  • Keramat Kembar Di Kab. Karangasem ( Maulana Yusuf Al Baghdi Al Maghribi )
  • Keramat Kembar Di Kab. Karangasem ( Chabib Ali Bin Zaen Edrus )
  • Keramat Di Karangrupit ( The Kwan Lie Syaikh Abdul Qodir Muhammad )
  • Wali Al Qoblal Wujud

I. KERAMAT PEMECUTAN, DEWI CHODIJAH / RATU AYU ANAK AGUNG REO.

Makam Dewi Chodijah terkenal dengan Keramat Pemecutan, berada di Jl Batukaru menuju ke Perumnas Monang Maning Denpasar.
Dewi Chodijah ini adalah nama setelah beliau berikrar masuk agama islam, nama aslinya Ratu Ayu Anak Agung Reo, adalah saudara muda / adik Raja Pemecutan, pada jaman pemerintahan Raja Pemecutan Cordo III yang bergelar Bathara Sakti pada sekitar tahun 1653 M.
Dan ada satu makam keramat lagi yang berada di Ubung ( dekat terminal bus yaitu makamnya Pangeran Sosroningrat yang bersal dari Mataram Yogyakarta, beliau ini adalah suami Dewi Chodijah beragama islam.
Pangeran Sosroningrat adalah seorang senopati dari Kerajaan Mataram di Jawa, menantu dari Kerajaan Pemecutan di Bali. Beliau dapat mempersunting ( kawin ) dengan Dewi Chodijah karena telah berjasa membantu Raja Pemecutan ketika berperang melawan salah satu Kerajaan di Bali dan mendapat kemenangan.
Uaraian tersebut berdasarkan keterangan dari Bapak Mangku Wayan Catri, juru kunci makam Pangeran Mas Sepuh Keramat Pantai Seseh Desa Munggu dan juga keterangan dari keluarga kampung islam Kepaon yaitu Bapak KHM. Ishaq, sesepuh atau tetua kampong islam Kepaon yang juga menjadi tetua umat islam Kepaon yang diberi wewenang mengawasi/memelihara makam Dewi Chodijah Keramat Kemecutan oleh kerabat keluarga Raja Pemecutan sampai sekarang.

II. KERAMAT PANTAI SESEH ( PANGERAN MAS SEPUH )

Makam ini terletak di pantai Seseh di Desa Munggu Kec. Mengwi Kab. Badung. Jarak antara pantai seseh dengan jalan raya Tabanan – Denpasar ± 15 KM.
Pangeran Mangkuningrat atau Raden Mas Sepuh ( Pangeran Mas Sepuh ) berasal dari Belambangan ( Jawa ) dan wafat di Bali, beliau berketurunan dari ibunya yang beragama islam berasal dari Belambangan, dan ayahnya seorang Raja dari Kerajaan Mengwi di Bali yang masih beragama Hindu.
Pantai Seseh letaknya tidak jauh dengan Pantai Tanah Lot dan ditengah pantai tersebut terdapat berdiri Pura Agung ( tempat pemujaan orang Hindu ).
Makam Pangeran Mas Sepuh berada di pantai Seseh ini sejajar/berdampingan dengan pantai Tanah Lot. Makam Pangeran Mas Sepuh ini ada yang memelihara yaitu juru kuncinya bernama Bapak Mangku Wayan Catri seorang Pendeta Hindu.
Pangeran Mangkuningrat atau Raden Mas sepuh ini adalah bekas Raja Belambangan, termasuk salah satu dari Wali Pitu di Bali. Perhatian masyarakat setempat dan desa-desa sekitarnya terhadap makam ini baik sekali dan bahkan banyak juga yang datang dari daerah lain yang berziarah di makam ini.
Menurut Bapak Mangku ( juru kunci ) terutama bagi wanita yang sedang datang bulan ( haid ) sebaiknya jangan masuk dalam makam tersebut.

III. KERAMAT DI BUKIT BEDUGUL ( CHABIB UMAR BIN YUSUF AL MAGHRIBI)

Makam ini letaknya di bukit bedugung termasuk Kab. Tabanan dengan jarak ± 48 KM. makam ini sebenarnya sudah lama adanya namun menurut keterangan dari beberapa tokoh masyarakat setempat baru saja diketemukan sekitar 40-50 tahun berselang, oleh seorang yang mencari kayu bakar di bukit Bedugul tersebut.
Di antara keistimewaan makam ini pada setiap safar pada hari Rabu terakhir masyarakat setempat berbondong-bondong naik ke bukit berziarah di makam Chabib Umar bin Yusuf Al Maghribi ini untuk memperingati wafatnya dengan mengadakan do’a bersama dan shodaqoh kenduri selamatan.

IV.KERAMAT KUSAMBA KAB. KELUNGKUNG ( CHABIB ALI BIN ABU BAKAR BIN UMAR BIN ABU BAKAR AL HAMID )

Makam ini letaknya di Desa Kusamba, Kec. Dawah, Kab. Kelungkung. Desa Kusamba berada di jalan raya antara Kelungkung dan Karangasem dekat dengan Goalawah, Desa Kusamba termasuk penyebrangan dengan perahu bermotor menuju ke pulau Nusa Penida dan letak makam Chabib Ali ini dekat sekali dengan penyebrangan tersetdan letaknya di tepi pantai.

Menurut keterangan dari Bapak Abdul Majid juru kunci makam tersebut pada waktu chabib wafat karena tewas terbunuh dan setelah dimakamkan pada malam harinya dari atas makamnya itu keluar keluar semburan api berkobar bergolong-golong bagaikan bola api menjilat kemana-mana mencari dan mengejar para pelaku yang membunuhnya dimanapun mereka berada, kobaran bola-bola api it uterus mengejar dan menyerang para pembunuh serta membakarnya sampai semuanya tewas tidak ada satupun yang tersisa .

Makam yang lokasinya di dekat pantai dan tidak jauh dari jalan raya menuju karangasem adalah makamnya seorang Chabib-ib ya’ni masih keturunan Rasulullah Muhammad SAW.

V. KERAMAT KEMBAR KARANGASEM ( MAULANA YUSUF AL BAGHDI AL MAGHRIBI DAN CHABIB ALI BIN ZAEN AL EDRUS )

Makam ini letaknya di Desa Bungaya Kangin Kec. Bebanden Kab. Karangasem ( Amlapura ). Makam keramat tersebut berada tidak jauh dari jalan raya Subangan arah ke utara jurusan jalan tembus menuju ke Singaraja dari Desa Temukus dan Singaraja jaraknya ± 6-7 km.

Di dalam satu cungkup makam kembar tersebut terdapat makam tua/kuno berjajar dengan makamnya Chabib Ali Al-Edrus. Menurut masyarakat makam kuno tersebut makam kuno inilah yang dikermatkan dari sejak zaman dahulu adanya, diperkirakan umurnya sudah 350 s/d 400 tahun namun mengenai nama, sejarah dan dari mana asalnya tidak satupun yang tahu bahkan juru kuncinyapun tidak tahu juga, sedangkan Chabib Ali Bin Zaen Al Edrus wafatnya sekitar 15 tahun yang lalu di masa hidupnya menjadi juru kuncinya makam kuno itu maka setelah wafat beliau dimakamkan di samping makan kuno tersebut.

Keterangan lebih jelas lagi dari Chabib Muhdhor Bin Ali Al Edrus yaitu putra Chabib Ali Al Edrus sendiri dan Chabib Muhdhor inilah yang sekarang menjadi juru kuncinya dan yang selalu memelihara kebrsihan kedua makam tersebut yakni makam ayahandanya sendiri yaitu Chabib Ali Bin Zaen Al Edrus dan makamnya Syaikh Maulana Yusuf Al Baghdi Al Maghribi.

III KERAMAT DI KARANGRUPIT ( THE KWAN LIE / SYAIKH ABDUL QODIR MUHAMMAD )

Makam keramat karangrupit letaknya di Desa Temukus (labuan Aji) Kec. Buleleng. Makam tersebut berada di tepi jalan raya Seririt dan singaraja, dari Temukus dan singaraja jaraknya ± 15 km.

Nama yang dimakamkan adalah Syaikh abdul Qodir Muhammad ini sebenarnya hanya nama gelar adapun nama aslinya adalah seorang Cian yang bernama The Kwan Lie singkatan dari nama The Kwan Pao Lie kemudian masyhur dengan gelar Syaikh abdul Qodir Muhammad karena kesalehan dan kebaikan perilaku dan jasa beliau.

Kesemuanya makam-makam Wali Agung itu walaupun kita kurang tahu kisah dan kehebatannya dan belum begiti mashur diziarahi orang banyak ini kesemuanya tidak perlu mempengaruhi kemantapan kita yang penting kita mantap dan percaya bahwa itu Waliyyullah. Banyak atau ada Wali Agung terdahulu yang sampai lama baru diketemukan dan akhirnya menjadi tempat peziarah keramat agung dan masyhur sepereti Wali Qutub teragung / Asy Syaikhul Akbar Muhammad Muhyiddin Ibu “Arobi beliau sebelum wafatnya telah bersabda dan menulis dalam kitabnya yaitu : besok kalau huruf sin sudah masunk syion (salim, Syam 923) baru kelihatan makam muhyiddin. Ternyata setelah Sultan Salim berkuasa pada tahun 923 H padahal wafatnya pada tahun 638 H berarti hamper 300 tahun baru diketemukan kemudian dibangun lalu menjadi masyhur sekali sampai sekarang. Siapa tidak tahu Syaikh Muhyiddin Ibnu “arobi ini dikalangan Ulama’ adalah bukan Ulama’.

IV. WALI AL QOBLAL WUJUD ( WALI YANG MASIH HIDUP )

Al Qoblal Wujud adalah nama samaran yang artinya belum wujud makamnya berarti orangnya masih hidup.


0 komentar:


Perumpamaan ( Nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus. Allah melipat gandakan ( Ganjaran ) pada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas ( KaruniaNya ) Lagi Maha Mengetahui ( QS. Al-Baqarah ayat 261 )

Laporan Terbaru Penjualan Tanah kapling

Pelunasan kapling No. 330 telah di lunasi oleh hamba Allah
Pelunasan kapling No. 332 telah di lunasi oleh hamba Allah
Pelunasan kapling No. 333 telah di lunasi oleh hamba Allah
Pelunasan kapling No. 334 telah di lunasi oleh Wafid Marsudi
Pelunasan kapling No. 335 telah di lunasi oleh Dr. Joko Purwanto
Pelunasan kapling No. 440 telah di lunasi oleh hamba Allah
Pelunasan kapling No. 653 telah di lunasi oleh hamba Allah
Pelunasan kapling No. 654 telah di lunasi oleh H.Abdul Hadi
Pelunasan kapling No. 421 telah di lunasi oleh Lilik Mulyadi
Pelunasan kapling No. 422 telah di lunasi oleh Lilik Mulyadi
Pelunasan kapling No. 423 telah di lunasi oleh hamba Allah
Pelunasan kapling No. 664 telah di lunasi oleh H. Totok dari Jembrana
Pelunasan kapling No. 665 telah di lunasi oleh CV. DINAR
Pelunasan kapling No. 666 telah di lunasi oleh CV. DINAR
Pelunasan Kapling No. 567 telah di lunasi oleh Saleh Gg. Bangau
Pelunasan Kapling No. 568 telah di lunasi oleh Isran RT.1

DAFTAR NAMA PENGELUARAN SERTIFIKAT Rp. 3.750.000

Pelunasan Kapling No. 354 H. ISODA SAYAHLANI
Pelunasan Kapling No.355 SRI A. A. ASNARIA
Pelunasan Kapling No.356 HJ. MARLINA SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.357 UMI SALAMI
Pelunasan Kapling No.358 BOECHARI SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.359 DR. H. MOCH. BAKIR BIN MAS DOERI
Pelunasan Kapling No.360 IR. H. DJULIANTO SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.361 Ir. Erina rukiwati ds
Pelunasan Kapling No.362 Nurul Atiqam Syahlani Putri
Pelunasan Kapling No.363 Hj. Fatimah Marningsih Syahlani
Pelunasan Kapling No.364 Kolonel Purnawirawan H. I. Wayan Soewetja, SH
Pelunasan Kapling No.348 H. M. SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.277 HJ. SITTI RUSTIN
Pelunasan Kapling No.406 IMAM SAPUTRA SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.435 MEILISDAWATI
Pelunasan Kapling No.464 SUHARMO SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.493 SITI SETIARI SHARNO
Pelunasan Kapling No.522 JANU ARANDA SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.551 MARHAMAH SYAHLANI
Pelunasan Kapling No.580 DRG. AGUS ASMARA PUTRA
Pelunasan Kapling No.609 NATALIA NINGSIH SH
Pelunasan Kapling No.638 H. HENSYAH SYAHLANI, SH
Pelunasan Kapling No.337 I GUSTI AYU SUSILAWATI TAMBA
Pelunasan Kapling No.338 AGUSTARI SAHLANI

DAFTAR PENYUMBANG DARI Ir. H. BUDIANTORO SYAHLANI


Pelunasan Kapling No. 385 KASBIDIN ARDANA
Pelunasan Kapling No.386 HJ. NATI SALASI
Pelunasan Kapling No.387 YUNUS ARDANA
Pelunasan Kapling No.390 NGATIFAH
Pelunasan Kapling No.391 KH. MADANI AF'AL
Pelunasan Kapling No.392 ABU HASAN
Pelunasan Kapling No.393 RAHMA
Pelunasan Kapling No.394 NGATEMIN
Pelunasan Kapling No.395 MIRA
Pelunasan Kapling No.396 MARIYAMAH
Pelunasan Kapling No.413 SAIMIN
Pelunasan Kapling No.414 ROKAYAH

DAFTAR NAMA PENGELUARAN SERTIFIKAT Rp. 3.750.000 /11 Desember 2009

Pelunasan kapling No. 408 telah di lunasi oleh Bpk Gatot Soewiryo bin Koento Cokrowidigdo
Pelunasan kapling No. 409 telah di lunasi oleh Ibu Siti Wafiah Binti tjurigonoto
Pelunasan kapling No. 410 telah di lunasi oleh Iwoek Respati Binti Gatot Soewiryo
Pelunasan kapling No. 411 telah di lunasi oleh Sri Laksmi Damayanti Binti Gatot Soewiryo
Pelunasan kapling No. 412 telah di lunasi oleh Irma Fitri Ayuningtias & Intan Novitiani


DAFTAR NAMA PENGELUARAN SERTIFIKAT Rp. 3.750.000 /6 Februari 2010

Pelunasan Kapling No.388 Ir. Yongki Umar Permata (Jakarta )
Pelunasan Kapling No.389 DR. Zulkarnain Kasim (Jakarta )








Foto Dokumentasi

Klik mouse bersodaqoh kepada Ikan